Laporan Pemasangan Wastafel



Laporan Kegiatan
Pemasangan Wastafel


Anggota:
Adriansyah Wijaya (1701364051)
Fachrilah (1801410254)
Muhammad Ghifari Ihsan (1801406774)
Reza Arsatama (1801431353)
Rocky Leonardo (1801398293)
Tommy Adams (1801413496)




UNIVERSITAS BINA NUSANTARA
TEACH FOR INDONESIA
2019







Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang membantu kami dalam menyelesaikan Kegiatan Pemasangan wastafel dan  dapat mengerjakan laporan ini dengan sebaik mungkin. Laporan ini kami susun berdasarkan kegiatan-kegiatan dan hasil yang kami lakukan atau peroleh selama kegiatan Pemasangan Wastafel di UPT Pendidikan SDN Pakulonan Barat II, Jalan kampung kalipaten RT 03/04 Kelurahan Pakulonan Barat Kecamatan Kelapa Dua Kab.Tangerang. Pemasangan Wastafel dilakukan pada tanggal 22 juni 2019.
Berkat kegiatan ini, kami mendapat banyak pengalaman, dalam berbagi dan membantu sesama yang saling membutuhkan serta peduli terhadap lingkungan sekitar. Seluruh pengalaman yang kami dapatkan dalam pemasangan wastafel akan menjadi bekal yang bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa.
Tentu saja semua ini tidak akan terealisasikan tanpa bantuan dari beberapa orang terkait. Dengan demikian kami ingin mengucapkan terima kasih atas diizinkannya kami untuk melakukan kegiatan ini di UPT Pendidikan SDN Pakulonan Barat II dan kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan, arahan, dan kerjasamanya, khususnya kepada:
1.      TFI selaku pemberi kami kesempatan dalam melakukan kegiatan Pemasangan Wastfel
2.      Bapak Larto selaku Kepala Sekolah, pemberi dukungan dan penyetujuan ata Pemasangan Wastafel
3.      Serta teman teman kelompok TFI yang membantu berjalannya aktifitas ini








 Informasi Lokasi Kegiatan
Kegiatan pertama diawali dengan mencari tempat, ada beberapa lokasi yang mungkin cocok untuk pemasangan wastafel, seperti. Di depan kelas, depan kantor, dan di toilet. Setelah melakukan beberapa perundingan dengan kelompok, kelompok memutuskan untuk melakukan kegiatan pemasangan wastafel  di  SDN Pakulonan Barat II. Tempat tersebut kebetulan memiliki pilar kosong untuk pemasangan wastafel, setelah bernegosiasi dengan pengelola sekolah tentang apa saja sekiranya yang sekolah tersebut butuhkan untuk pemasangan wastafel, kelompok pun segera mencari dan membeli peralatan dan barang yang diperlukan untuk pemasangan wastafel. Di hari pertemuan ke-2 kelompok langsung melakukan eksekusi untuk pemasangan wastafel. Kelompok mencari tenaga ahli seperti tukang lewat guru yang mengajar di sekolah tersebut, sehingga guru menghubungi orang tenaga ahli tukang dan memanggil untuk membantu memasangkan wastafel pada sekolah tersebut. Setelah itu pengujian pada wastafel juga telah di uji oleh pihak kelompok dan berfungsi dengan baik.
Informasi Lokasi Kegiatan Kegiatan pemasangan wastafel ini berlangsung di SDN Pakulonan Barat II, Jalan kampung kalipaten RT 03/04 Kelurahan Pakulonan Barat Kecamatan Kelapa Dua Kab.Tangerang. Pembuatan Wastafel ini terletak di dekat lapangan pada sekolahan, yang dimana dipasang pada pilar bangunan sekolahan menghadap ke lapangan. Setelah itu memasang pipa melalui tandon sekolah yang dialirkan ke wastafel Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu 22 Juni 2019 jam 12.00 hingga jam 16.00. Sebelum memasang wastafel dipastikan dulu pipa yang cukup dan di alirkan dari tandon menuju lantai sekolah, sehingga menuju ke wastafel, lalu memasang wastafel beserta keran air pada wastafel tersebut.




Gambar : Lokasi kegiatan sekolah



Rincian Biaya

No.
Pengeluaran
Harga/item
Jumlah
Total
1
Harga Wastafel
200.000/Wastefel
1
200.000
2
Harga Pipa
40.000/Pipa
2
80.000
3
Harga Keran
100.000/Keran
1
100.000
4
Harga Jasa Tukang
200.000/Orang
1
200.000


TOTAL


580.000




Surat Serah Terima



Dokumentasi Kegiatan

Foto Sebelum Kegiatan : 






Foto Sesudah Kegiatan




Foto Saat Kegiatan 












 

Jadi itulah kegiatan kami pada saat melakukan pemasangan wastafel di SDN Pakulonan Barat II,
Dalam kesehatan cuci tangan merupakan kebiasaan yang bisa mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri merugikan. Dalam hal ini pentingnya menjaga kesehatan melalui budaya mencuci tangan bisa menyehatkan lingkungan sekolah tersebut. Yang dimana setiap siswa akan lebih sering waspada terhadap kuman, kotoran, dan bakteri.

Menyadari bahwa kami masih kurang pengalaman dalam pemasangan wastafel ini, kami berharap dengan telah dilaksanakannya kegiatan pemasangan wastafel ini, kami bisa menambah pengalaman dan mengalami penumbuhan sikap kepedulian, menjadi contoh positif bagi masyarakat sekitar, juga bisa menemukan ide, pikiran, dan cara-cara baru agar kami bisa jauh lebih meningkatkan sikap kepedulian terhadap lingkungan.n.

Demikian Laporan ini kami buat sekian dan terima kasih.

Comments